Selasa, 11 Oktober 2016

Cara Membuat Game (Part 3 - Make Your Concept)

Hello again.. di post sebelumnya kita telah mengetahui bahwa membuat game bisa terbantu dengan adanya game engine..

Nah tentu saja dalam game di perlukan sebuah konsep dan latar cerita agar membuatnya lebih menarik.. Sebelum mengerjakan game yang sebenarnya kita harus menentukan akan membuat game seperti apa nantinya..

So, di post kali ini saya akan memberikan beberapa gambaran mengenai membuat konsep game.

1. Konsep dan Tema Game


yup.. Konsep Game akan sangat berpengaruh pada saat pengerjaan. Sebelum membuat suatu karya biasanya kita harus menentukan tema apa yang akan kita buat. Hal ini sangat berpengaruh besar pada hasil game yang kita buat. Dengan tema yang bagus, tentu saja kita dapat membuat game yang sangat menarik.

Sebagai Contoh saya akan menjelaskan tentang Tema dari game Clash of Clans (CoC). Nah kalo kita lihat dari latar cerita dan karakter karakter nya, kita dapat menyimpulkan bahwa CoC memiliki konsep sebuah perang antar clan, dengan setting mediaval fantasy. Tema dapat terlihat dari senjata senjata karakter COC yang terkesan seperti senjata abad pertengahan. Akan berbeda juga dengan Star Craft yang lebih moderen dengan senjata laser akan sangat terasa berbeda dengan COC. Nah itu lah peran dari Tema game..





2. Alur Cerita

Semakin jauh game akan semakin berkembang. Seperti saat kita bermain game dari level 1 ke level 2 atau selanjutnya. Biasanya setiap level akan terasa berbeda. Hal seperti ini kita bisa sebut sebagai alur. Alur game menentukan jalan berkembangnya suatu game.. dengan adanya alur game akan menjadi lebih baik dan tidak membosankan.

Kita bisa liat lebih jelas alur cerita dari game game RPG atau Visual novel yang sangat menitik beratkan di bagian Alur ceritanya. Semakin menarik alur cerita maka game akan semakin baik.. meski ada juga sih game dengan alur simple yang bagus.. hehe *tehee




3. GamePlay and GameSystem

hal ini berhubungan dengan tehnis dari game. kalo yang 2 di atas menjelaskan tentang penggambaran sebuah game. kali ini kita akan berbicara agak sedikit tehnis.. 

GamePlay berhubungan dengan bagaimana game akan berkerja. misalnya : game game JRPG kebanyakan memakai gameplay TBS (Turn Based System). Atau game game Online Shooter seperti PointBlank atau CSGO memakai gameplay FPS(Firts Person Shooter). 

Game system berhubungan dengan apa apa saja fitur yang di tawarkan dalam game kita. Misalnya game game klasik konsol seperti Bloody Roar, atau Tekken memiliki Fitur untuk bisa bermain 2 orang atau pun Sendirian. Fitur Coop dalam Game Mortal Kombat Shaolin Moks, dsb.




Dengan Mengerti Kita akan membuat game seperti apa akan memudahkan dalam perngerjaannya.
- Tips dari saya : Buatlah konsep game yang bisa anda nikmati , karena game itu ada untuk di nikmati

Sekian dan sampai jumpa di part berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar